PIK-R           SMADA REMBANG
Sunday 10 May 2015

Prostitusi Perusak Generasi Muda

Belakangan ini sedang gencar dibahas dengan tema Prostitusi, terutama Prostitusi Online. Praktik prostitusi online belakangan marak diungkap menyusul tewasnya Deudeuh Alfi Syahrin alias Tata Chubby alias Empie di rumah kos bilangan Tebet, Jakarta Selatan dan ditangkapnya artis AA dalam kasus ini. Seperti dikutip dari detik.com. Namun bukan kasus tersebut yang kita bahas, melainkan dampak prostitusi itu sendiri yang dapat merusak generasi muda di Indonesia.

Pengertian Prostitusi dan Dampak bagi Generasi Muda

Pelacuran atau prostitusi adalah penjualan jasa seksual, seperti seks oral atau hubungan seks, untuk uang. Seseorang yang menjual jasa seksual disebut pelacur, yang kini sering disebut dengan istilah pekerja seks komersial (PSK).


 Dengan menerapkan teori Swab, maka faktor-faktor yang menyebabkan timbul dan berkembangnya prostitusi antara lain:
  1. Kondisi kependudukan, yang antara lain: jumlah penduduk yang besar dengan komposisi penduduk wanita lebih banyak dari pada penduduk laki-laki.
  2. Perkembangan tenologi, yang antara lain: teknologi industri kosmetik termasuk operasi plastik, alat-alat dan/atau obat pencegah kehamilan; teknologi dalam telekomunikasi dan transportasi. Dalam hal ini yang jelas adalah penyalahgunaan terhadap produk-produk perkembangan teknologi di bidang industri.
  3. Lemahnya penerapan, dan ringannya sanksi hukum positif yang diterapkan terhadap pelanggaran hukum. Pelanggaran hukum tersebut dapat dilakukan oleh pelaku (subyek) prostitusi, mucikari, pengelola hotel/penginapan, dan lain-lain.
  4. Mahalnya biaya (resmi) pernikahan, sulitnya prosedur perceraian juga merupakan faktor pengembangan praktek prostitusi secara kuantitas.
  5. Kurangnya kontrol di lingkungan permukiman oleh masyarakat sekitar, serta lingkungan alam seperti: jalur-jalur jalan, taman-taman kota, atau tempat-tempat lain yang sepi dan kekurangan fasilitas penerangan di malam hari, sangat menunjang untuk terjadinya praktek prostitusi
Prostitusi ini sangat berdampak buruk bagi Generasi Muda Indonesia. Dampak buruknya antara lain adalah:
  1. Menimbulkan dan menyebarkan penyakit kelamin dan penyakit kulit. Penyakit kelamin tersebut adalah sipilis dan gonorrgoe. Keduanya dapat mengakibatkan penderitanya menjadi epilepsi, kelumpuhan, idiot psikotik yang berjangkit dalam diri pelakunya dan juga kepada keturunan.
  2. Merusak sendi-sendi kehidupan keluarga, sehingga keluarga menjadi berantakan.
  3. Memberi pengaruh demoralisasi kepada lingkungan, khususnya remaja dan anak-anak yang menginjak masa puber.
  4. Berkorelasi dengan kriminalitas dan kecanduan minuman keras dan obat terlarang (narkoba).
  5. Merusak sendi-sendi moral, susila, hukum dan agama.
  6. Terjadinya eksploitasi manusia oleh manusia lain yang dilakukan oleh germo, pemeras dan centeng kepada pelacur.
  7. Menyebabkan terjadi disfungsi seksual antaralain : impotensi, anorgasme.
Hukum yang Sulit bagi Pelaku Prostitusi

seperti yang di kutip dari kompasiana.com,
Sulit untuk mengenakan hukum tindak pidana kepada pelaku prostitusi, sebab harus dilihat terlebih dahulu penyebab seseorang melakukan prostitusi, apakah karena alasan ekonomi, budaya, ataukah memang keinginan biologis (atau bahkan politik sosial). Semua faktor tersebut tetaplah tidak dapat menjadi landasan untuk menjerat pelaku prostitusi kepada hukum pidana, sebab semua itu persoalan sosial, bukan ranah hukum. Hukum hanya berbicara ‘halal-haram’, hitam-putih’, sedangkan sudut pandang sosial melihat masyarakat secara komprehensif, dan hal ini merupakan pendekatan ideal terhadap masyarakat sebagaimana ajaran agama dan Pancasila.
Dengan demikian, dalam memandang pelaku prostitusi, khususnya pada pelakunya, maka kita harus menggunakan sudut pandang sosial. Adapun pengorganisir prostitusi tak diragukan lagi merupakan tindak pidana karena mengambil keuntungan dari pekerjaan orang lain dan perbuatan ini jelas mengganggu kebebasan orang untuk mendapatkan nafkah. Untuk menanggulangi praktek prostitusi yang tak terorganisir dibutuhkan gerakan sosial yang massif, yakni melalui gerakan pendidikan, kesejahteraan sosial, gerakan emansipasi wanita dan lain sebagainya.

Prostitusi memang selamanya tidak akan pernah hilang, karena di mana ada kehidupan, disitulah ada prostitusi. Namun ini menjadi tanggung jawab kita sebagai generasi muda untuk bisa memperbaiki generasi-generasi selanjutnya. Apabila generasi lanjut lahir dari tindakan prostitusi, akan jadi apa Indonesia di masa depan. oelh sebab itu mari kita batasi diri kita dan lakukan hal-hal yang bermanfaat dan dapat membaw kita ke masa depan yang jauh lebih baik. sebagai bentuk perjuangan untuk menjaga kemerdekaan Republik Indonesia demi generasi yang berkualitas. 

107 comments

betul itu gan. kita sebagai generasi hrus memperbaiki.

Betul tuh.. Kapan negara kita bisa maju kalau begini

bener gan, dikota kecil ada udah ada prostitusi -_- miris

Wah memang miris ini prostitusi apa lagi yang online

nah yang beginian yang harus diposting

Mantap postingan nya broh...
Sukses ya say...

jangan lupa di share artikelnya biar para generasi muda dapat memperbaiki :)

Hanya para generasi mudanya brow yang bisa merubah negara ini :)

jangankan di kota.. di desa saja sudah banyak gan -_-

haha...iya gan.
thanks kunjungannya :)

kalo begini terus, kpan negara bisa maju!!.. nice info gan, sangat bermanfaat :D

Keren Banget Infonya. Bisa Nambah Pengetahuan :)

ga bisa dipungkiri disetiap kota besar di indonesia pasti ada tempat yg menyediakan tempat prostitusi.. kenapa ga di grebek polisi? kenapa ga di tutup oleh walikota atau gubernur? jawabnya simple, hanya karena uang.. omset yg di dapat dari tempat prostitusi bisa jutaan bahkan belasan juta permalam.
jadi kembali ke diri kita masing2, bisa tidak membentengi diri dari tempat2 prostitusi hhe
tanpa tempat prostitusi seks bebas juga marak karena effect negatif dari berpacaran. dan gak bisa dipungkiri anak jaman skarang kalo pacaran pasti ujung2nya ML..
kalo ane pribadi mending booking PSK dibanding ngerusak anak orang..
tapi ingat, wajib pakai pengaman hehe
keep blogging!

wah ternyata di indonesia ilegal ya

mnghentikan mmng tdk bisa, tp stidaknya bisa mngurangi

nice gan, juga thanks info

tadi saya liat berita di TV gan, katanya artis juga udah ada yg ikutan prostitusi online juga, sungguh hal ini sangat memprihatinkan generasi muda kita sekarang ini ya gan

oke.. thanks kunjungannya

benar sekali gan, jadi kita sebagai generasi muda yang seharusnya bisa membenteng diri kita sendiri gan.. thanks kunjungannya ^^

yang namanya prostitusi mah emang udh dari jaman belum ada lampu sih susah diilanginnya kecuali satu kota kena bencana alam tuh kyk jaman dulu

nice gan...infonya mantap

kalo negara lain bisa kenapa negara kita enggak. negara kita tuh tumbuh dengan hati nurani bukan untuk menghancurkannya. kita sebagai kaum muda harus mencontohkan hal besar kepada orang yang tidak tau diri, siapapun orangnya walaupun dia presiden

saya pun bingung gan sama prostitusi itu sebaiknya harus di usut setuntas"nya

iya nihh bener banget, jaman sekarang udah makin kacau aja.. apalagi muncul sekarang yang lagi heboh tu prostitusi online, haduhh parah banget dah :D

oke gan baca-baca aja gan

wah yang sekarang yang masih buming ini sial RF

harus hati hati menjaga diri kita

namenya juga indonesia gan :D

waj kebetulan kemarin saya juga nonton di on the spot ada prositus juga tuh :)

wah jaman udah semakin rusak anak SMP masih kecil aja pacaran manggil mamah papah :v padahal duit aja masih minta orang tua :v

Hati" untuk para cewe :v

ah jaman sekarang anak TK aja udah ada yang ngerokok :D kacau kacau. Yang pertama para koruptor harus dibasmi, Kalo ga berani hukum mati mendingan dihukum dipotong tuh tangannya biar kapok. Setuju ga gan ? :D

Jadi inget kasus si AA nih gw

yang beginian yg mesti dipajang di mading sekolahan....biar tahu semua.

smada rembang sip..

Memang sangay merusah dan menghancurkan tuh gan

Yang Mbuat Web Memang Hebat -/\-

Iya gan bener banget tuh,dizaman maju kaya skrng dengan gaya hidup ug tinggi membuat orang banyak yg ingin cpt kaya tapi dg cara yg mudah. Celakanya,diantara mereka masih blm mempunyai skilk untuk bkerja dan akhirnya mrka hnya bisa menjual diri mereka untuk memenuhi kebutuhan gaya hidupnya itu. Miris jg liatnya,remaja indonesia yg dlunya sangat santun malah jadi kaya gini -_-"

sekarang lagi rame2nya ini berita.. sangat merusak generasi bangsa .. sangat setuju sama artikel agan ini

Mantap gan, terus berjuang sampai generasi selanjutnya aman

nice post :D

hanya generasi muda yang dapat merubahnya. Terima kasih atas kunjungannya :)

Terima kasih kunjungannya. :)

sip gan..
Mending kan sama istrinya situ biar nambah keharmonisan keluarga dan tidak membuang uang untuk bayar PSK :)

dampak negatifnya sangat banyak sekali kan gan.. sengaja saya share biar para generasi kita sadar akan bahaya prostitusi :)

nah yang seperti ini seharusnya tanggung jawab pemerintahan untuk memberikan lapangan pekerjaan yang layak bagi warganya, sehingga tidak ada lagi yang terbelit ekonomi hingga menjual diri mereka untuk memenuhi kebutuhan.
Dan untuk selebihnya tergantung kesadaran kita masing-masing. :)

Terima kasih gan :)

Sudah terpampang di mading sekolahan gan. :)
Kebetulan salah satu penulis disini pengurus mading sekolahan. Dan saat ini sudah terpampang di mading sekolahan gan. :)

betul sekali gan :D

Sangat setuju. :v Biar pada jera gan :D

hahaha :D
hati-hati juga bagi para cowok agar tidak tergoda kemolekan para PSK :v

Betul banget tuh :ngakak:

wah agan salah ketik nih :D

Jangan begitu gan. Walaupun begini Indonesia merupakan negara kita yang wajib kita junjung drajat dan martabatnya walaupun sangat terkesan jelek pula :)

yupz benar sekali gan =D

Thanks kunjungannya :)

Penyalahgunaan media tuh. :(

Betul banget tuh terutama lemahnya aturan dan hukuman yang melakukan tindak prostitusi

wahhh bener banget nih, saya paling malas kalo denger berita prostitusi, wahh seharusnya huku lebih bertindak lagi nih gan

Hukum di Indonesia sudah bisa dibeli dengan uang. Walaupun pelaku tersebut salah, selagi ada uang ya si pelaku tidak bersalah. Itulah hukum di Indonesia.

emang miris gan ,.,.

Indonesia dalam bahaya nih, generasi2 slnjutnya harus dilindungi... nyari uang kok bgini'

Indonesia all red.. :(

tidak hanya miris.. ini sudah sangat miris gan -_-

seenggaknya kita bisa mengurangi dan mencegahnya gan,,, kalau bukan kita siapa lagi ? :)

nah setuju banget gan sama situ :-d :-d :)

setuju gan,, :-d Tapi jika hukum kita masih lemah kan percuma gan =(

nah betul banget gan... miris banget ya negri ini =(

para penegak hukumnya saja banyak yang beli ijazah palsu...gimana mau maju hukum di negara kita kalau seperti itu -_-

sudah seharusnya begitu gan para penegak hukum...

:-d thanks kunjungannya ya gan :)

lebih baik kan cari uang dari blog dari pada seperti itu... setuju :-bd :D

saya sangat setuju gan memang prostitusi merusak bangsa

sebenarnya hal yang paling berpengaruh adalah media massa menurut saya :) dan kurangnya pendalaman keagamaan dari keluarga itu sendiri

Wah Kita Sebagai Generasi Penerus Bangsa Harus Menghindari atau mencegahnya, Sekarang Anak SMP aja sudah ada yang melakukan hal tersebut. Kalau Negara Kita Seperti Ini Terus, Kapan Majunya???

anak smp,nya seperti itu kan karena media gan.. :) setiap hari aja di suguhkan berbagai sinetron percintaan... alhasil karna anak smp baru menuju masa pubertas yang rasa ingin taunya tinggi di mencoba hal yang tonton tadi ... miris banget yah -_-

Betul Juga, Sekarang Sinetron Sinetron Indonesia banyak aksi pacaran, peluk pelukan, Bertengkar Dan Sebaganinya dah gan. Saking Banyaknya Saya sampai Lupa :v

latar tempatnya sekolahan, tetapi tidak pernah tanya tentang pelajaran... ketemu temennya malah ngaung'' :v -_- didaerah ane anak kecil'' aja sudah ikut ngaung'' -_-

Wadooohhh!!! Di Daerah [SENSOR] Malah Lebih parah lagi, Anak Kecil Punya HP, Isinya Video Porno semua

Sekarang Banyak Situs Web Web Porno gan, Bahaya Sekarang gan

kalau itu tugasnya kominfo gan :)

OOOH :v Saya Sih Gak Begitu Ngerti :v

miris banget.. -_-
BTW templatenya bagus gan :D

Jangankan prostitusi,yg gratisan dg kedok cinta aja buanyak -_-

Itu lahir dari lingkungan sekitar yang buruk mungkin gan . dan jangan pernah menyalahkan teknologi gan .

itu cuma saya terapkan dengan teori swab gan,, :)
Kalau menurut saya sendiri yang berpengaruh besar itu pendidikannya :)

bener banget gan :-d
miris sekali negeri ini =(

iya gan =(
thanks gan :)

seperti ini lah jadinya jika setiap hari dikasih sinetron percintaan.. =(
media massanya kebanyakan cari untung.. kemarin saja pas pilpres malah di buat kepentingan politik sama tvo*e dan m*trotv -_-

nah bener tuh gan.. kalau bangsa kita sudah rusak pasti timbul masalah-masalah yang lainnya -_-

mungkin pergaulan juga gan

bener kata atas ane, pergaulan itu pengaruh besar. apalagi begeng. kalo geng jahat jadi ya susah tuh

terimakasih banyak, sangat menarik sekali...

 
Maaf untuk sementara ini klik kanan dinonaktifkan, karena banyak blogger yang copy paste sembarangan tanpa izin.
Jadi jika ingin Copy Tekan "
Ctrl
+
C
". Dan jika ingin buka link di new tab klik linknya sambil menekan tombol
Ctrl
. Terimakasih atas Pengertiannya, dan mohon maaf Jika anda terganggu. .
Best Regards PIK-R SMADA REMBANG