PIK-R           SMADA REMBANG
Thursday 4 June 2015

Permasalahan Ketenagakerjaan di Indonesia


Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk ke empat terbesar didunia dengan jumlah penduduk 237.641.326 jiwa berdasarkan sensus penduduk tahun 2010 menurut data Badan Pusat Statistik Indonesia. Hal ini menyebabkan Indonesia memiliki sumber daya manusia atau tenaga kerja yang melimpah. Sumber daya manusia yang melimpah dan didukung oleh sumber daya alam yang juga melimpah merupakan modal yang sangat besar bagi bangsa Indonesia untuk mengejar ketertinggalannya dari negara lain yang lebih maju dan makmur. Hal ini bisa terwujud kalau pengelolaan SDM dan SDA tadi terlaksana dengan baik, terjadi perimbangan antara pendidikan/skill yang dimiliki oleh tenaga kerja dan ketersediaan lapangan kerja. 
Masalah akan timbul, apabila terdapat kesenjangan antara jumlah tenaga kerja yang besar dengan minimnya ketersedian lapangan kerja yang ada. Dengan kata lain lapangan kerja yang ada tidak mampu menampung (mempekerjakan) tenaga kerja yang ada, lebih-lebih tenaga kerja yang tidak terampil atau berpendidikan. Masalah ini akan menyebabkan semakin meningkatnya tingkat pengangguran sehingga jumlah penduduk miskin juga semakin besar dan memiliki efek-efek negatif yang lain pula. 
Semua yang kita paparkan di atas tadi merupakan cerminan dari sebagian permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia yang coba kita jelaskan dipostingan kali ini. Berikut beberapa faktor dari masalah ketenagakerjaan di Indonesia.

1. Jumlah Angkatan Kerja yang Tidak Sebanding dengan Kesempatan Kerja
Meningkatnya jumlah angkatan kerja yang tidak diimbangi oleh perluasan lapangan kerja akan membawa beban tersendiri bagi perekonomian. Angkatan kerja yang tidak tertampung dalam lapangan kerja akan menyebabkan pengangguran. Padahal harapan pemerintah, semakin banyaknya jumlah angkatan kerja bisa menjadi pendorong pembangunan ekonomi.
 
2.Perlindungan Tenaga Kerja yang Kurang
Seorang tenaga kerja, ketika bekerja tentunya berhadapan dengan berbagai resiko yang harus dihadapi dan diterimanya. Baik itu resiko kecelakaan kerja maupun resiko pemutusan hubungan kerja (PHK). Negara Indonesia masih terkatagori sebagai negara yang belum baik dalam memberikan perlindungan kepada para pekerja, baik pekerja yang berkerja di dalam negeri maupun di dalam negeri. Biasanya, pemerintah baru akan memberikan reaksi setelah resiko kerja yang dialami oleh para pekerja tersiar melalui media massa.

3. Tenaga Kerja Asing 
Benarkah Indonesia dibanjiri tenaga asing? Bukankah justru sebaliknya Indonesia banyak mengirimkan tenaga kerjanya ke luar negeri untuk menjadi TKI atau TKW? Globalisasi telah memungkinkan apapun di dunia ini, termasuk masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia. Biasanya, masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia bersamaan dengan masuknya perusahaan asing ke Indonesia. Jika Indonesia banyak mengirimkan tenaga kerjanya ke luar negeri untuk menempati posisi sopir atau pembantu rumah tangga, maka tenaga kerja asing yang datang ke Indonesia untuk menempati posisi jabatan tenaga ahli. Ironis, bukan?. Berdasarkan uraian-uraian tersebut di atas, semoga kita dapat mengambil hikmah. Setidaknya tumbuh motivasi di dalam hati kita untuk menjadi tenaga ahli di negeri sendiri. Setuju?
4.Ketidaksesuaian Tenaga Kerja

Salah satu fungsi manajemen adalah ketepatan perusahaan untuk menempatkan pekerja agar sesuai dengan pekerjaannya. Hal tersebut sesuai dengan yang dikemukakan oleh F.W. Taylor the right man in the right atau seseorang seharusnya bekerja sesuai dengan kemampuannya. Seorang tenaga kerja yang dapat bekerja sesuai dengan keahliannya, maka ia akan dapat bekerja dengan efektif, efisien, dan merasa nyaman, sehingga ia dapat memberikan kualitas dan kuantitas yang baik bagi perusahaan. Namun faktanya di Indonesia, masih banyak sekali ditemukan orang-orang yang bekerja tidak sesuai dengan keahliannya. Hal ini terjadi karena adanya permasalahan seperti kurangnya lapangan kerja, sehingga seorang tenaga kerja mengorbankan pengetahuan dan keterampilannya hanya dengan alasan untuk mengisi waktu daripada menganggur

5.Rendahnya Kualitas Tenaga Kerja
Kualitas tenaga kerja dalam suatu negara dapat ditentukan denganmelihat tingkat pendidikan negara tersebut. Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia, tingkat pendidikannya masih rendah. Hal ini menyebabkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi rendah. Minimnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan rendahnya produktivitas tenaga kerja, sehingga hal ini akan berpengaruh terhadaprendahnya kualitas hasil produksi barang dan jasa.

6.Persebaran Tenaga Kerja Tidak Merata
Luasnya wilayah dan banyaknya kepulauan d Iindonesia serta terkonsentrasinya penduduk di Pulau Jawa juga merupakan penyebab timbulnya permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia. Kondisi geografis Indonesia ini mengakibatkan persebaran penduduk tidak merata. Daerah-daerah luas di Indonesia kekurangan penduduk sementara di Pulau Jawa kelebihan penduduk (padat). Banyaknya penduduk di Pulau Jawa ini dapat menigkatkan investasi di pulau tersebut. Berbagai usaha didirikan namun tetap tidak mampu untuk menekan jumlah pengangguran, malah sebaliknya semakin tinggi. Karena pulau jawa terutama kota-kota besar sudah menjadi daya tarik bagi pencari kerja dari luar Pulau Jawa. Padahal daerah di luar Pulau Jawa memiliki potensi alam yang melimpah dan belum diolah secara optimal.


Berdasarkan uraian-uraian tersebut di atas, semoga kita dapat mengambil hikmah. Setidaknya tumbuh motivasi di dalam hati kita untuk menjadi tenaga ahli di negeri sendiri. Setuju?

Note: Untuk solusi dari Permasalahan Ketenagakerjaan di Indonesia akan di update tanggal 5 Juni 2015.

5 comments

Negeri ini memang punya 1001 masalah

Suatu saat lebih baik, ngomong2 ini template bagus gan

baca juga artikel http://pik-r-smadarembang.blogspot.com/2015/06/upaya-upaya-untuk-mengatasi.html biar 1001 masalahnya berkurang =D hehe

kalau tidak ada upaya untuk mengatasi permasalahan ya nggak akan teratasi gan -_- .
wah thanks gan pujiannya =D

wah apalagi sebentar lagi bakal ada MEA bukan pedagangan asing saja yang masuk indonesia bahkan tenaga kerja asing pun akan masuk dunia kerja di indonesia, suram nih klo bayangin tingkat SDM kita

 
Maaf untuk sementara ini klik kanan dinonaktifkan, karena banyak blogger yang copy paste sembarangan tanpa izin.
Jadi jika ingin Copy Tekan "
Ctrl
+
C
". Dan jika ingin buka link di new tab klik linknya sambil menekan tombol
Ctrl
. Terimakasih atas Pengertiannya, dan mohon maaf Jika anda terganggu. .
Best Regards PIK-R SMADA REMBANG